GARIS BESAR ISI MODUL
DAN JABARAN MATERI MODUL
Sekolah :
SMA Negeri 11
Jakarta Timur
Kelas/Semester :
XI / 2
Pertemuan
ke : 1
Mata Pelajaran :
Biologi
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN
2014
GARIS-GARIS BESAR ISI MODUL
Mata
Pelajaran : Anatomi Fisiologi Manusia
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Penulis : Siti Noer Sarah
Harahap
TIU : Setelah
mengikuti mata pelajaran Anatomi
Fisiologi Manusia peserta didik akan dapat Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan Anatomi Fisiologi
Manusia.
Deskripsi Singkat: Anatomi
Fisiologi Manusia adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang
struktur dan fungsi tubuh. ANATOMI adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan
susunan tubuh, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat
tubuh yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan FISIOLOGI adalah ilmu yang
mempelajari faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian
bagian dari alat-alat tubuh dan
sebagainya. Jika digabungkan, Anatomi – Fisiologi memiliki arti ilmu
pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana
alat tubuh tersebut bekerja.
Dalam ilmu Anatomi Fisiologi Manusia banyak sub-sub materi yang dibahas, salah
satunya yaitu system indera manusia.
No
|
TIK/KOMPETENSI DASAR
|
POKOK BAHASAN
|
SUB. POKOK BAHASAN
|
TES AKHIR MODUL
|
PUSTAKA
|
|
PG
|
URAIAN
|
|||||
1.
|
Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT
(ditentukan guru) , peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan
dapat menggambarkan struktur dan fungsi sistem indera (mata, telinga,
lidah, kulit, hidung) paling sedikit
80% benar.
|
Struktur dan fungsi Sistem Indera Manusia (mata, telinga, hidung, lidah,
mata)
|
1.
Mendeskripsikan
struktur mata serta fungsi
penglihatan pada manusia.
2.
Mendeskripsikan
struktur telinga serta fungsi
pendengaran pada manusia.
3.
Mendeskripsikan
struktur hidung serta fungsi
penciuman pada manusia.
4.
Mendeskripsikan
struktur lidah serta fungsi
pengecapan pada
manusia.
5.
Mendeskripsikan
struktur kulit serta fungsi
kulit
pada manusia.
|
15
|
1
|
Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-
Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-
Lestari,
E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup
dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas
XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.
|
2.
|
Jika diberikan suatu kasus dalam waktu paling lambat
pertemuan ke-2 untuk menyelesaikannya, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11
Jakarta Timur akan dapat mendeskripsikan mekanisme kerja masing-masing
alat indera (mata, telinga, lidah,
kulit, hidung).
|
Mekanisme
kerja masing-masing alat indera (mata,
telinga, lidah, kulit, hidung).
|
1.
Mendeskripsikan
mekanisme penglihatan
pada manusia.
2.
Mendeskripsikan
mekanisme
proses pendengaran
pada manusia.
3.
Mendeskripsikan
mekanisme
penciuman pada manusia.
4.
Mendeskripsikan
mekanisme
pengecapan pada manusia.
5.
Mendeskripsikan
mekanisme kulit pada manusia.
|
15
|
1
|
Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-
Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-
Lestari,
E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup
dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas
XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.
|
3.
|
Dengan memberikan LKS (lembar kerja siswa) yang
dikerjakan berkelompok dalam waktu paling lambat 20 menit, peserta didik
siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menjelaskakan
kelainan-kelainan yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit,
hidung).
|
Kelainan-kelainan/ penyakit yang terjadi pada alat
indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung).
|
1.
Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada mata.
2.
Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada telinga.
3.
Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada lidah.
4.
Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada kulit.
5.
Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada hidung.
|
10
|
1
|
Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-
Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-
Lestari,
E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup
dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas
XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.
|
JABARAN MATERI MODUL
Mata
Pelajaran : Anatomi Fisiologi Manusia
Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Penulis : Siti Noer Sarah
Harahap
TIU : Setelah mengikuti
mata pelajaran Anatomi
Fisiologi Manusia peserta didik akan dapat Menganalisis
perkembangan ilmu pengetahuan Anatomi Fisiologi Manusia.
Deskripsi Singkat: Anatomi
Fisiologi Manusia adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang
struktur dan fungsi tubuh. ANATOMI adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan
susunan tubuh, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat
tubuh yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan FISIOLOGI adalah ilmu yang mempelajari
faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian bagian dari
alat-alat tubuh dan
sebagainya. Jika digabungkan, Anatomi – Fisiologi memiliki arti ilmu
pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana
alat tubuh tersebut bekerja.
Dalam ilmu Anatomi Fisiologi Manusia banyak sub-sub materi yang dibahas, salah
satunya yaitu system indera manusia.
KB
|
JUDUL
|
TIK/KOMPETENSI DASAR
|
URAIAN MATERI
|
LATIHAN
|
1.
|
Struktur dan fungsi Sistem Indera Manusia (mata,
telinga, hidung, lidah, mata)
|
Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT
(ditentukan guru) , peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan
dapat menggambarkan struktur dan fungsi sistem indera (mata, telinga,
lidah, kulit, hidung) paling sedikit
80% benar.
|
Pendahuluan
Isi Materi (telampir):
1.
Pengertian Sistem Indera Manusia
2.
Mendeskripsikan Struktur dan
Fungsi Sistem Indera Manusia
Ø
Mendeskripsikan
struktur mata serta fungsi
penglihatan pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
struktur telinga serta fungsi
pendengaran pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
struktur hidung serta fungsi
penciuman pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
struktur lidah serta fungsi
pengecapan pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
struktur kulit serta fungsi
kulit
pada manusia.
Latihan
Rangkuman
|
Guru membagi kelompok siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT dan memberikan Tes Essay
(terlampir) kepada setiap kelompok.
|
2.
|
Mekanisme
kerja masing-masing alat indera (mata,
telinga, lidah, kulit, hidung).
|
Jika diberikan suatu kasus dalam waktu paling lambat
pertemuan ke-2 untuk menyelesaikannya, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11
Jakarta Timur akan dapat mendeskripsikan mekanisme kerja masing-masing
alat indera (mata, telinga, lidah,
kulit, hidung).
|
Isi Materi (telampir):
1.
Mendeskripsikan Struktur dan
Fungsi Sistem Indera Manusia.
Ø
Mendeskripsikan
mekanisme penglihatan
pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
mekanisme
proses pendengaran
pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
mekanisme
penciuman pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
mekanisme
pengecapan pada manusia.
Ø
Mendeskripsikan
mekanisme kulit pada manusia.
Latihan
Rangkuman
|
Guru memberikan
lembar kasus kepada setiap kelompok yang telah dibagi oleh guru. Dan seiap
kelompok mengerjakannya.
|
3.
|
Kelainan-kelainan/ penyakit yang terjadi pada alat indera
(mata, telinga, lidah, kulit, hidung).
|
Dengan memberikan LKS (lembar kerja siswa) yang
dikerjakan berkelompok dalam waktu paling lambat 20 menit, peserta didik
siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menjelaskakan
kelainan-kelainan yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit,
hidung).
|
Isi Materi (telampir):
1.
Mendeskripsikan Struktur dan
Fungsi Sistem Indera Manusia.
Ø Mengidentifikasi
penyakit/kelainan pada mata.
Ø Mengidentifikasi
penyakit/kelainan pada telinga.
Ø Mengidentifikasi
penyakit/kelainan pada lidah.
Ø Mengidentifikasi
penyakit/kelainan pada kulit.
Ø Mengidentifikasi
penyakit/kelainan pada hidung.
Latihan
Rangkuman
|
Guru memberikan
lembar kerja siswa (LKS) kepada kelompok dan dikerjakan berkelompok dalam
waktu paling lambat 20 menit.
|
TABEL
KISI-KISI TES BERDASARKAN KOMPETENSI
No
|
Kompetensi dalam Tujuan Instruksional
|
Tes Esai
|
Tes Obyektif
|
Tes Kinerja
|
Jumlah
Soal
|
Total
|
|||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Esai
|
Obyektif
|
Kinerja
|
|||||
1.
|
Mendeskripsikan
struktur mata serta proses penglihatan pada manusia.
|
1
|
1,3,7,
11
|
6,
9,10
|
1
|
0
|
7
|
1
|
8
|
||||
2.
|
Mendeskripsikan
struktur telinga serta proses pendengaran pada manusia.
|
1
|
13,
14,29
|
4
|
28
|
1
|
1
|
5
|
1
|
||||
3.
|
Mendeskripsikan
struktur hidung serta proses penciuman pada manusia.
|
1
|
21,
|
17
|
5
|
2
|
1
|
1
|
4
|
1
|
6
|
||
4.
|
Mendeskripsikan
struktur lidah serta proses pengecapan pada manusia.
|
27
|
19
|
15,
25
|
18
|
1
|
0
|
5
|
1
|
6
|
|||
5.
|
Mendeskripsikan
struktur kulit serta proses rangsangan pada manusia.
|
1
|
12,22,
23
|
26,
30
|
20
|
1
|
1
|
6
|
1
|
8
|
|||
6.
|
Mengidentifikasikan
penyakit/kelainan pada alat indera manusia
|
16
|
24
|
8
|
1
|
1
|
3
|
1
|
5
|
||||
Jumlah
|
4
|
12
|
6
|
6
|
3
|
2
|
1
|
6
|
4
|
30
|
6
|
40
|
C1
= Pengetahuan C3 = Penerapan C5= Sintesis
C2
=
Pemahaman C4= Analisis C6=
Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar