Selasa, 13 Januari 2015

Rancangan Media Pembelajaran GBIM (Task 2)

GARIS BESAR ISI MODUL DAN JABARAN MATERI MODUL
    





                                               Sekolah                              : SMA Negeri 11 Jakarta Timur
     Kelas/Semester                 : XI / 2
Pertemuan ke                    : 1
        Mata Pelajaran                  : Biologi
                  Alokasi Waktu                    : 2 x 45 menit




 KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DAN KEBUDAYAAN
2014




GARIS-GARIS BESAR ISI MODUL

Mata Pelajaran    :  Anatomi Fisiologi Manusia
Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit (2 pertemuan)
Penulis                  :  Siti Noer Sarah Harahap
TIU                         : Setelah mengikuti mata pelajaran Anatomi Fisiologi Manusia peserta didik akan dapat Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan Anatomi Fisiologi Manusia.
Deskripsi Singkat: Anatomi Fisiologi Manusia adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang struktur dan fungsi tubuh. ANATOMI adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan FISIOLOGI adalah ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya. Jika digabungkan, Anatomi – Fisiologi memiliki arti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja. Dalam ilmu Anatomi Fisiologi Manusia banyak sub-sub materi yang dibahas, salah satunya yaitu system indera manusia.

No
TIK/KOMPETENSI DASAR
POKOK BAHASAN
SUB. POKOK BAHASAN
TES AKHIR MODUL
PUSTAKA
PG
URAIAN

1.





Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT (ditentukan guru) , peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menggambarkan struktur dan fungsi sistem indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung)  paling sedikit 80% benar.

Struktur dan fungsi Sistem Indera Manusia (mata, telinga, hidung, lidah, mata)

1.       Mendeskripsikan struktur mata serta fungsi penglihatan pada manusia.
2.       Mendeskripsikan struktur telinga serta fungsi pendengaran pada manusia.
3.       Mendeskripsikan struktur hidung serta fungsi penciuman pada manusia.
4.       Mendeskripsikan struktur lidah serta fungsi pengecapan pada manusia.
5.       Mendeskripsikan struktur kulit serta fungsi kulit pada manusia.

15





1





Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-          Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-          Lestari, E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA  Kelas XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.

2.








Jika diberikan suatu kasus dalam waktu paling lambat pertemuan ke-2 untuk menyelesaikannya, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat mendeskripsikan mekanisme kerja masing-masing alat  indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung). 

Mekanisme kerja masing-masing alat  indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung). 



1.       Mendeskripsikan mekanisme penglihatan pada manusia.
2.       Mendeskripsikan mekanisme proses pendengaran pada manusia.
3.       Mendeskripsikan mekanisme penciuman pada manusia.
4.       Mendeskripsikan mekanisme pengecapan pada manusia.
5.       Mendeskripsikan mekanisme  kulit pada manusia.

15








1








Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-          Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-          Lestari, E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA  Kelas XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.

3.

Dengan memberikan LKS (lembar kerja siswa) yang dikerjakan berkelompok dalam waktu paling lambat 20 menit, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menjelaskakan kelainan-kelainan yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung).

Kelainan-kelainan/ penyakit yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung).




1.       Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  mata.
2.       Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  telinga.
3.       Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  lidah.
4.       Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  kulit.
5.       Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  hidung.


10








1








Buku Biologi yang Relevan ,sumber :
-          Amin, M., (2000), Biologi 2 Petunjuk Guru SMA Kelas 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
-          Lestari, E, S., (2006), Biologi 2 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA  Kelas XI, Penerbit CV Putra Nugraha, Jakarta.


JABARAN MATERI MODUL

Mata Pelajaran    :  Anatomi Fisiologi Manusia
Alokasi Waktu      :  4 x 45 menit (2 pertemuan)
Penulis                  :  Siti Noer Sarah Harahap
TIU                         : Setelah mengikuti mata pelajaran Anatomi Fisiologi Manusia peserta didik akan dapat  Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan Anatomi Fisiologi Manusia.
Deskripsi Singkat: Anatomi Fisiologi Manusia adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang struktur dan fungsi tubuh. ANATOMI adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh, baik secara keseluruhan maupun bagian-bagian serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan FISIOLOGI adalah ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian bagian dari alat-alat tubuh dan sebagainya. Jika digabungkan, Anatomi – Fisiologi memiliki arti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang susunan atau potongan tubuh dan bagaimana alat tubuh tersebut bekerja. Dalam ilmu Anatomi Fisiologi Manusia banyak sub-sub materi yang dibahas, salah satunya yaitu system indera manusia.

KB
JUDUL
TIK/KOMPETENSI DASAR
URAIAN MATERI
LATIHAN

1.

Struktur dan fungsi Sistem Indera Manusia (mata, telinga, hidung, lidah, mata)



Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT (ditentukan guru) , peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menggambarkan struktur dan fungsi sistem indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung)  paling sedikit 80% benar.

Pendahuluan
Isi Materi (telampir):
1.       Pengertian Sistem Indera Manusia
2.       Mendeskripsikan Struktur dan Fungsi Sistem Indera Manusia
Ø  Mendeskripsikan struktur mata serta fungsi penglihatan pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan struktur telinga serta fungsi pendengaran pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan struktur hidung serta fungsi penciuman pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan struktur lidah serta fungsi pengecapan pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan struktur kulit serta fungsi kulit pada manusia.
Latihan
Rangkuman

Guru membagi kelompok siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif NHT dan memberikan Tes Essay (terlampir) kepada setiap kelompok.


2.

Mekanisme kerja masing-masing alat  indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung). 





Jika diberikan suatu kasus dalam waktu paling lambat pertemuan ke-2 untuk menyelesaikannya, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat mendeskripsikan mekanisme kerja masing-masing alat  indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung). 


Isi Materi (telampir):
1.       Mendeskripsikan Struktur dan Fungsi Sistem Indera Manusia.
Ø  Mendeskripsikan mekanisme penglihatan pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan mekanisme proses pendengaran pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan mekanisme penciuman pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan mekanisme pengecapan pada manusia.
Ø  Mendeskripsikan mekanisme  kulit pada manusia.
Latihan
Rangkuman

Guru memberikan lembar kasus kepada setiap kelompok yang telah dibagi oleh guru. Dan seiap kelompok mengerjakannya.


3.

Kelainan-kelainan/ penyakit yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung).


Dengan memberikan LKS (lembar kerja siswa) yang dikerjakan berkelompok dalam waktu paling lambat 20 menit, peserta didik siswa kelas XI SMAN 11 Jakarta Timur akan dapat menjelaskakan kelainan-kelainan yang terjadi pada alat indera (mata, telinga, lidah, kulit, hidung).

Isi Materi (telampir):
1.       Mendeskripsikan Struktur dan Fungsi Sistem Indera Manusia.
Ø  Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  mata.
Ø  Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  telinga.
Ø  Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  lidah.
Ø  Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  kulit.
Ø  Mengidentifikasi penyakit/kelainan pada  hidung.
Latihan
Rangkuman

Guru memberikan lembar kerja siswa (LKS) kepada kelompok dan dikerjakan berkelompok dalam waktu paling lambat 20 menit.



TABEL KISI-KISI TES BERDASARKAN KOMPETENSI

No
Kompetensi dalam Tujuan Instruksional
Tes Esai
Tes Obyektif
Tes Kinerja
Jumlah
Soal
Total
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Esai
Obyektif
Kinerja
1.
Mendeskripsikan struktur mata serta proses penglihatan pada manusia.
1
1,3,7, 11

6, 9,10



1
0
7
1
8
2.
Mendeskripsikan struktur telinga serta proses pendengaran pada manusia.
1
13, 14,29
4
28



1
1
5
1
7
3.
Mendeskripsikan struktur hidung serta proses penciuman pada manusia.
1
21,
17


5
2
1
1
4
1
6
4.
Mendeskripsikan struktur lidah serta proses pengecapan pada manusia.

27
19
15, 25
18


1
0
5
1
6
5.
Mendeskripsikan struktur kulit serta proses rangsangan pada manusia.
1
12,22, 23
26, 30

20


1
1
6
1
8
6.
Mengidentifikasikan penyakit/kelainan pada alat indera manusia


16

24
8

1
1
3
1
5
Jumlah
4
12
6
6
3
2
1
6
4
30
6
40
 C1 = Pengetahuan               C3 = Penerapan                   C5= Sintesis
  C2 = Pemahaman                C4= Analisis                        C6= Evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar